23 December 2008

OSIS SMA NEGERI 8 JAKARTA


OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari sekolah menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

SMA Negeri 8 Jakarta sebagai salah satu sekolah menengah terbaik di Jakarta bahkan mungkin di Indonesia, memiliki wadah untuk menampung kegiatan nonakademis siswa-siswinya yang bernama OSIS SMA Negeri 8 Jakarta.
OSIS SMA Negeri 8 Jakarta sepintas tak ada yang berbeda dengan OSIS-OSIS lainnya. Namun, OSIS SMA Negeri 8 Jakarta memiliki ciri khas tersendiri. SMA Negeri 8 Jakarta tidak memiliki MPK (Majelis Perwakilan Kelas) yang bertugas mengawasi kinerja dan fungsi OSIS.

OSIS SMA Negeri 8 Jakarta memiliki dua perangkat, yaitu Perwakilan Kelas (PK) dan Pengurus OSIS (PO). Dalam hal ini PK berfungsi sebagai MPK dan PO menjalankan tugas-tugas OSIS. Berdasarkan struktur kepengurusan, kedudukan PK dan PO sejajar. Namun, berdasarkan fungsinya, PK lebih tinggi daripada PO karena PK bertugas mengawasi PO.

OSIS SMA Negeri 8 Jakarta dibagi dalam delapan seksi bidang. Kedelapan seksi bidang tersebut adalah (sesuai Anggaran Rumah Tangga Pengurus OSIS SMA Negeri 8 Jakarta):
  1. SEKSI BIDANG I
    Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  2. SEKSI BIDANG II
    Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
  3. SEKSI BIDANG III
    Pendidikan Pendahuluan Bela Negara
  4. SEKSI BIDANG IV
    Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur
  5. SEKSI BIDANG V
    Organisasi, Pendidikan Politik, dan Kepemimpinan
  6. SEKSI BIDANG VI
    Keterampilan dan Kewirausahaan
  7. SEKSI BIDANG VII
    Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi
  8. SEKSI BIDANG VIII
    Persepsi, Apresiasi, dan Daya Kreasi Seni

Berdasarkan delapan seksi bidang tersebut, dalam struktur OSIS SMA Negeri 8 Jakarta memiliki empat belas subseksi atau yang biasa disingkat subsi. Ke-14 subsi inilah yang menjalankan program kerja dan berkoordinasi dengan subsi yang lainnya dan Pengurus OSIS, dan Perwakilan Kelas bertugas mengawasi mulai dari prapelaksanaan, pelaksanaan, hingga pascapelaksanaan kegiatan.

Empat belas subseksi di SMA Negeri 8 Jakarta:
  1. Subseksi ROHIS
  2. Subseksi ROKAT
  3. Subseksi ROKRIS
  4. Subseksi UPACARA
  5. Subseksi PRAMUKA
  6. Subseksi PUAPALA
  7. Subseksi KEMAS
  8. Subseksi MESIS
  9. Subseksi KOPSIS
  10. Subseksi SP
  11. Subseksi TEKSOUND
  12. Subseksi OLAHRAGA
  13. Subseksi PMR
  14. Subseksi KESENIAN

1 comment:

  1. ini blog gandung apa blog osis sih haha. emang dah gandung penulis (baca: sekretaris) sejati.

    ReplyDelete