05 May 2009

ada yang aneh dari sekolahku

ya, ada yang aneh dari SMA-ku tersayang



inilah saat yang gw enggak tau kenapa sekolah teramat sangat ketat mengawasi siswanya dalam hal pulang sekolah. sekolah seperti tempat suci yang hanya untuk BELAJAR AKADEMIS SAJA. padahal yang diharapkan orang tua (walaupun orientasi ortu hanya ke nilai saja karena tau kualitas 8) adalah lebih dari sekedar pendidikan akademis.

bukankah sebuah keseimbangan antara akademis dan nonakdemis sangat penting untuk ke depannya? bukankah yang disebut nonakdemis itu bisa didapat selepas waktu akademis? pengurangan 'bel usir' hanya menjadi 45 menit bahkan kurang sangat menyesakkan siswa-siswa yang berminat menyeimbangkan keduanya. remisi 15 menit berpengaruh cukup besar begi mereka. ini menandakan mereka untuk melakukan kegiatannya di luar sekolah yang mungkin tak terkontrol pihak berwenang dalam hal ini guru.

dan satu pelajaran berharga yang saya dapat juga adalah sekolah sangat perhatian kepada siswanya. sekolah harus memeriksa dengan detail apa yang dilaksanakan siswa ketika meminta izin pergi untuk melakukan misi yang berhubungan dengan nonakademis. sebuah perhatian yang teramat sangat.

beliau-beliau beralasan bahwa, di 8 itu ya belajar, kalo ga mau ya pindah aja. bukankah pemimpin yang baik mampu menyeimbangkan belajar dari buku pelajaran dan dari kehidupan bersosialisasi? bukankah mereka yang diharapkan bangsa ini? apakah seperti ini porsi bagi mereka penerus bangsa ini?

bukankah benar apabila pemimpin-pemimpin bangsa mulai diberi pupuk dari sekarang (SMA). mulai diberi kesempatan lebih dalam mengembangkan kemampuannya sesuai porsinya. sesungguhnya beruntunglah sekolah yang memiliki pelajar yang punya usaha untuk menyeimbangkan keduanya.

bukan sesuatu untuk terlalu dipusingkan ini hanyalah gambaran dari sebuah realita dan keterbukaan dari golongan 'mereka'. mereka yang punya tujuan yang baik untuk masa depan.

4 comments:

  1. ahahai..

    lam kenal gw blogger dr jogja (wong jowo he..)

    gw td lg blogwalking tiba2 nyasar di blog u..
    cz namanya mirip ma temen q. Btw gw trtarik ma riwyat hidup lu. Kerenz he..

    btw prnah jd ktua osis? gimana tuh rasanya? kog skrg gk jd ketua osis lg??

    >-<

    ReplyDelete
  2. wah skrg belnya maju 15 menit? haha nikmati dung, ntar kalo kelas 3 dan udah ga punya urusan di ruang OSIS, pasti kangen deh diusir2 pas lagi kumpul (curhat ceritanya)
    btw kapan nih PKOV?

    ReplyDelete
  3. waktu itu gw juga sempet kekurung di 8, dung.
    dan harus nunggu mobil guru yang keluar biar gw juga bisa keluar.
    parah...

    ReplyDelete
  4. itu mah gw tau, kalo lo dikunciin, orang gw juga baru keluar, terus gerbangnya ditutup

    ReplyDelete